Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Berita Terpopuler

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polsek Tapan Kerahkan Personil Bantu Warga Akibat Korban Banjir Sungai Batang Tapan

Minggu, 07 Mei 2023 | Mei 07, 2023 WIB Last Updated 2023-05-07T09:12:37Z

TAPAN | Terus di guyur Hujan Sungai Batang Tapan meluap hingga banjir melanda wilayah Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).Minggu ,7 / 5/ 2023.

Ada dua kecamatan yang terdampak bencana banjir, yakni Ranah Ampek Hulu Tapan dan Basa Ampek Balai Tapan.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Novianto Taryono, SH, S.IK, MH melalui Kapolsek Tapan IPTU Aldius SH  mengatakan pihaknya telah terjun ke lokasi untuk membantu warga yang terdampak banjir.

"Dalam hal ini kami mendatangi lokasi banjir untuk membantu warga dalam evakuasi baik jiwa maupun harta benda, melakukan pengaturan lalulintas dan berkordinasi dengan Forkopincam serta Anggota BPBD Kecamatan BAB Tapan," ujar Iptu Aldius SH.

Ia pun mengimbau agar masyarakat tidak panik. Namun, tetap waspada saat banjir kembali melanda.

"Kami harap warga berjaga jaga dan tetap waspada, segera pindahkan barang-barang ke tempat yang lebih aman," imbau Iptu Aldius.

Kapolsek juga mengatakan pihaknya terus melakukan pengecekan dan pemantauan ketinggian genangan air di lokasi tersebut. 

Untuk Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Sekitar 25 unit rumah masyarakat terendam air dengan ketinggian debit air antara 30 hingga 50 Cm dan lahan persawahan kurang lebih 8 Ha siap panen terendam air.

Informasi yang dihimpun,  Media ini adapun bencana banjir tersebut adalah merupakan banjir kiriman dari Sungai yang dialiri oleh 4 Sungai dari hulu sungai diantaranya yaitu batang sungai gambir, batang sungai penadah, batang sungai sako kanan dan batang sungai sako hulu.

Akibat tingginya curah hujan sehingga debit air Sungai Batang Tapan yang mengalir melewati Kampung Pasar Malintang Kenagarian Kampung Tengah Tapan Kecamatan Ranah Ampek HuluTapan dan Kampung Alang Rambah  Kenagarian Tapan, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan meningkat hingga meluap keluar sungai dan menggenangi badan jalan serta perumahan masyarakat dengan ketinggian sekitar kurang lebih 50 hingga 80 Cm.

Akibatnya aliran sungai tersebut meluap keperkampungan warga mulai dari Kampung Pasar Malintang Kenagarian Kampung Tengah Tapan Kecamatan. RAHUL Tapan dan Kampung Alang Rambah Kenagarian Tapan Kecamtan BAB Tapan.

Daerah yang terkena bencana banjir saat ini adalah merupakan daerah yang sebelumnya juga telah sering terkena banjir yang terjadi setiap musim hujan.

Akibat Bencana Bajir yang melanda hingga sampai saat ini akses jalan raya Tapan-Bengkulu di Kampung Alang Rambah Tapan terhenti sementara waktu dan Kendaraan Roda Empat dan Roda Dua dari arah Padang menuju Bengkulu dan sebaliknya tidak bisa melewati genangan air tersebut.

Hingga saat ini pantau awak Media ini, Personil Polsek Tapan masih melakan pemantauan dan monitoring  bersama-sama dengan Bhabinsa, Nakes PKM Kecamatan BAB Tapan dan Dinas BPBD Tapan dengan di Stand By kan 1 Unit Perahu Karet.

×
Berita Terbaru Update